Sistem Reproduksi Pada Manusia

Sistem Reproduksi Pada Manusia

A. Perkembangbiakan pada manusia

Pada manusia dan hewan menyusui (mamalia) cara perkembangbiakannya pada dasarnya sama. Untuk mempelajari tentang sistem reproduksi manusia tidak jauh berbeda dengan hewan mamalia. Alat kelamin dan kelenjar kelamin akan berfungsi setelah masa puber. Pada masa itu testis mulai menghasilkan sperma dan hormon yang berpengaruh terhadap tanda-tanda kelamin sekunder wanita. Umumnya setiap 28 hari sekali terjadi pembebasan sel telur indung telur, peristiwa ini disebut ovulasi. Kemudian, telur yang sudah diovulasikan masuk ke saluran telur / saluran fallopi. Tanda-tanda kelmin sekunder pria adalah suara membesar, dada menjadi lebar, tumbuh kumis, rambut ketiak. Tanda-tanda kelamin sekunder wanita adalah : pinggul dan buah dada membesar, suara lebih nyaring.

1. Alat kelamin Pria

Alat kelamin pria terdiri atas

  • Sepasang testis (buah zakar), alat kelamin itu tersimpan di dalam kantong yang biasa disebut skrotum. Testis berfungsi memproduksi sel sperma. 
  • Epididimis merupakan saluran keluarnya sperma menuju saluran sperma (vas deferens). Sperma yang diproduksi testis akan bergerak melalui saluran yang disebut vas deferens. 
  • Saluran vas deferens menghubungkan testis dengan kantong sperma.
  • Kantong sperma berfungsi manampung sperma yang diproduksi oleh testis sebelum dikeluarkan.
  • Penis merupakan alat kelamin pria terluar yang berfungsi sebagai alat kopulasi.
2. Alat kelamin wanita
  • Indung telur (ovarium) yang jumlahnya sepasang. Alat itu terletak pada bagian kiri dan kanan rongga perut bagian bawah. Ovarium berfungsi menghasilkan menghasilkan sel telur. Ovarium mampu memproduksi sel telur setelah wanita mencapai usia dewasa. Setelah sel telur pada ovarium masak, maka sel telur akan meninggalkan ovarium menuju oviduk/tuba fallopi (saluran telur). Peristiwa lepasnya sel telur dari ovarium dinamakan ovulasi.
  • Saluran telur atau tuba fallopi/oviduk merupakan pipa yang ujungnya berbentuk corong dan mempunyai jumbai (fimbria) yang berfungsi untuk menyerap sel telur yang dihasilkan oleh indung telur. Pada saluran inilah biasanya tempat terjadinya pebuahan jika bertemu dengan sel sperma.
  • Rahim atau uterus merupakan tempattumbuh dan berkembang embrio menjadi janin. Pada saat pertumbuhan janin, dindingrahim mempunyai banyak pembuluh darah hingga dindingnya menebal.
  • Vagina merupakan saluran terluar dari alat kelmin wanita. Melalui saluran inilah sperma dimasukkan ke dalam saluran kelamin wanita, melalui saluran itu pula bayi dilahirkan. Walaupun sel sperma jumlahnya jutaan, namun yang akan mampu membuahi sel telur hanya satu.
Proses pembuahan
Proses pembuahan yang terjadi pada reproduksi manusia jika terjadi perkawinan atau bertemunya antara sel jantan atau sel sperma dengan sel telur atau ovum. Proses pembuahan atau fertilisasi ini biasanya terjadi pada saluran telur atau tuba fallopi atau oviduk. Zigot hasil pembuahan akan bergerak menuju rahim.

Terima kasih atas kunjungan sobat dan membaca artikel dari blog ini semoga bermanfaat, untuk lebih lengkap mengenai artikel Sistem Reproduksi Pada Manusia, silahkan sobat klik link DISINI







0 Response to "Sistem Reproduksi Pada Manusia"

Post a Comment

wdcfawqafwef