Tips mudah belajar IPA

Assalamu'alaikum Wr. Wb, hallo sobat!, pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tips bagi sobat yang enggan atau sukar sekali untuk memahami materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Ada pepatah mengatakan bahwa jika tak kenal maka tak cinta, kalau tak cinta maka tak sayang, menurut saya pepatah tersebut sangat bagus pula jika diterapkan atau sinergiskan kedalam materi IPA, kenapa? karena memang bagi mereka yang alergi pelajaran IPA, guru yang mengajar IPA dianggap sebagai guru killer, pelajaran belum dimulai penyakit mulai kambuh yang timbul gejala seperti kepala pusing, mengantuk sampai ada yang bilang stress menghadapi pelajarannya.
Pelajaran IPA selalu dianggap pelajaran yang menghabiskan banyak energi. Materi pelajaran IPA yang meliputi Biologi, Fisika, dan Kimia merupakan pelajaran yang dalam keseharian dapat kita jumpai dan tanpa sadar ada peristiwa atau kejadian yang bersifat aneh tapi nyata dalam kaitannya dalam pelajaran IPA. Sebagai contoh terbentuknya pelangi setelah terjadinya hujan dan matahari berada di sebelah barat atau di sebelah timur, walaupun ada mitos-mitos yang muncul di daerah-daerah tertentu tentang pelangi, seperti bahwa pelangi terbentuk karena ada bidadari sedang mandi, apakah sobat pernah dengar mitos itu?  
Pelajaran IPA sangat mengasyikan dan menyenangkan, bagaimana caranya?
Ada beberapa tips belajar IPA yang asik dan menyenangkan, yaitu:
  1. Jika sobat sedang membaca sebuah buku tentang IPA jangan terburu-buru unuk menyelesaikan bacaannya, tapi nikmatilah seperti sobat sedang membaca sebuah novel atau cerpen.
  2. Jika materi tersebut dapat dipraktekkan di rumah tanpa harus menggunakan alat-alat laboratorium, maka praktekkan dengan seksama dan penuh dengan keingintahuan kebenaran materi tersebut.
  3. Jika terjadi fenomena alam tepat di sekitar kita dan ada kaitannya dengan materi IPA, sobat mencoba untuk mencari tahu kaitannya fenomena alam tersebut dengan materi pelajaran IPA yang mana.
  4. Jika sobat kesulitan untuk memahami suatu bacaan yang kaitannya dengan rumus-rumus dalam materi IPA, jangan segan untuk bertanya kepada guru sobat, teman-teman yang lebih paham dengan materi tersebut atau bisa sobat browsing di internet.
  5. Banyak membaca tentang biografi tokoh-tokoh sains dan orang-orang sukses dibidang IPA atau Sains.

Itulah sedikit tips dari saya mudah-mudahan bermanfaat, kalau ada kekurangan atau salah dalam penulisan mohon dimaafkan, karena manusia tidak luput dari salah dan lupa.
Akhirul kalam wassalamu'alaikum Wr. Wb






0 Response to "Tips mudah belajar IPA "

Post a Comment

wdcfawqafwef